1. Portal Informasi SIMAK UI
  2. Pendaftaran SIMAK UI
  3. Forum SIMAK UI
Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Ekonomi

Ilmu Manajemen

P rogram Studi Ilmu Manajemen bertujuan menghasilkan sarjana yang mengkhususkan diri dalam analisis pengelolaan perusahaan dan penerapannya secara fungsional serta mampu melaksanakan tugas sesuai dengan keahliannya, serta mempunyai visi menjadi center of excellence dalam bidang pendidikan dan riset bisnis manajemen di ASEAN, dengan reputasi terpandang dalam komunitas akademik dan profesi. Untuk lulus dari jenjang sarjana S1 Program Studi Ilmu Manajemen, mahasiswa harus menyelesaikan minimal 144 SKS dengan memilih salah satu jalur konsentrasi dari 4 (empat) konsentrasi yang tersedia, yaitu:

  • Konsentrasi Manajemen Keuangan: Mahasiswa wajib mengambil semua mata ajar yang ada di kelompok Wajib Konsentrasi Manajemen Keuangan (10 Mata Ajar) ditambah mata ajar pilihan.
  • Konsentrasi Manajemen Pemasaran: Mahasiswa wajib mengambil semua mata ajar yang ada di kelompok Wajib Konsentrasi Pemasaran (10 Mata Ajar) ditambah mata ajar pilihan.
  • Konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia dan Organisasi: Mahasiswa wajib mengambil semua mata ajar yang ada di kelompok Wajib Konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia dan Organisasi (9 Mata Ajar) ditambah mata ajar pilihan.
  • Konsentrasi Manajemen Operasi: Mahasiswa wajib mengambil semua mata ajar yang ada di kelompok Wajib Konsentrasi Operasi (9 Mata Ajar) ditambah mata ajar pilihan

Ilmu Akuntansi

Misi Program Studi:
  • Menghasilkan lulusan yang mampu bersaing secara global.
  • Memimpin pengembangan ilmu dan praktek akuntansi di Indonesia dan hasilnya bermanfaat global.
  • Berperan serta dalam menwujudkan masyarakat madani.
Tujuan Program Studi:
  • Menghasilkan lulusan yang mampu bekerja dalam era globalisasi.
  • Menghasilkan lulusan yang beretika dan bermoral tinggi.
  • Menghasilkan karya ilmiah akuntansi yang bermutu Internasional.
  • Memimpin dalam pengembangan dan perumusan standar profesi akuntan di Indonesia.
  • Memimpin diseminasi pengetahuan mutakhir akuntansi.
Untuk pilihan spesialisasi yang ditawarkan pada kurikulum program studi S1 Akuntansi adalah:

A. Akuntan Publik

Akuntan publik adalah profesi yang memberikan penilaian/atestasi secara independen terhadap informasi keuangan perusahaan. Seorang akuntan publik mempunyai keahlian professional untuk memeriksa informasi keuangan perusahaan. Lulusan yang mengambil spesialisasi ini dapat lebih siap untuk bekerja di kantor akuntan publik.

B. Akuntan Manajemen

Akuntan manajemen mempunyai kemampuan profesional untuk menghasilkan laporan keuangan perusahaan berdasarkan standar akuntansi yang berlaku umum dan dapat memanfaatkan informasi akuntansi untuk keperluan pengambilan keputusan manajemen. Seorang akuntan manajemen mempunyai keahlian penyusunan dan analisa laporan keuangan, penyusunan anggaran, penilaian risiko usaha, pengembangan sistem informasi dalam perusahaan. Lulusan ini dapat bekerja di segala bentuk organisasi yang sangat memerlukan informasi keuangan internal.

C. Internal Auditor/Manajemen Kontrol

Internal auditor/manajemen kontrol mempunyai kemampuan professional untuk melakukan penilaian/atestasi secara internal terhadap informasi keuangan dan efisiensi/ efektivitas perusahaan dengan mempertimbangkan karakteristik organisasi dan risiko usaha. Internal auditor diharapkan dapat menjalankan fungsi atestasi dan konsultasi. Lulusan ini dapat bekerja sebagai internal auditor atau sejenis dalam suatu organisasi.

D. Staf Keuangan Perusahaan

Staf keuangan perusahaan mempunyai kemampuan akuntansi dan keuangan secara baik sehingga dapat mengambil keputusan keuangan dengan bijaksana. Lulusan ini dapat bekerja sebagai analisis bisnis dan keuangan, staf bagian keuangan dalam sebuah perusahaan atau konsultan keuangan.

E. Manajer Perpajakan

Manajemen perpajakan mempunyai kemampuan akuntansi dan perpajakan secara baik sehingga dapat mengambil keputusan keuangan perpajakan dengan bijaksana. Lulusan ini dapat bekerja sebagai analis perpajakan, bekerja pada bagian perpajakan di suatu organisasi dan konsultan pajak.

F.Analis Sistem Informasi

Analis sistem informasi mempunyai pemahaman dan kemampuan dalam teknologi komunikasi dan informasi yang terkait dengan sistem informasi akuntansi. Lulusan ini dapat bekerja sebagai analis bisnis, sistem analis, proses analis, dan konsultan sistem informasi.

G. Akuntan Sektor Publik

Akuntan Sektor Publik saat ini merupakan profesi yang sangat dibutuhkan oleh pemerintah pusat maupun daerah, pelaku bisnis dan akademisi. Lulusan akuntan sektor publik mempunyai pengetahuan dan kompetensi dalam bidang akuntansi sektor publik dan dapat bekerja sebagai konsultan maupun bekerja di instansi pemerintah, BPK, BPKP, Bawasda dan Itjen Departemen serta memberikan kontribusi kepada asosiasi profesi akuntan sektor publik.

H. Akuntan Syariah

Akuntan Syariah mempunyai kemampuan dan pengetahuan akuntansi dan syariah. Lulusan ini dapat berkarir di perusahaan-perusahaan atau di perbankan yang berbasis syariah serta dapat memberikan kontribusi kepada asosiasi profesi akuntan dalam bidang syariah.

Dalam proses pembelajaran, Program Studi S1 Akuntansi menggunakan pendekatan Student Centered Learning serta membekali pengalaman mahasiswa melalui simulasi pada dunia kerja melalui laboratorium Akuntansi. Laboratorium Akuntansi terdiri dari:

  • Pengantar Akuntansi 1
  • Pengantar Akunansi 2
  • Sistem Informasi Manajemen
  • Sistem Informasi Akuntansi
  • Perpajakan 1
  • Pengauditan.