1. Portal Informasi SIMAK UI
  2. Pendaftaran SIMAK UI
  3. Forum SIMAK UI
Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Ekstensi/Paralel Lulusan D3

Teknik

Program Pendidikan Sarjana Ekstensi (PPSE) Fakultas Teknik UI dimulai pada tahun 1993. Pada awalnya program ini diselenggarakan oleh empat Program Studi (Sipil, Mesin, Elektro dan Metalurgi), Program Studi Teknik Kimia (Gas dan Petrokimia) pada tahun 1995, dan Program Studi Teknik Indutri pada tahun 2002.

Pada saat ini kelas ekstensi diselenggarakan untuk Program Studi:

  • Teknik Sipil
  • Teknik Mesin
  • Teknik Elektro
  • Teknik Metalurgi & Material
  • Teknik Kimia
  • Teknik Industri

Mulai tahun 2011, Program Ekstensi FTUI ditiadakan. Akan tetapi hal ini tidak menutup kesempatan bagi para calon mahasiswa yang merupakan lulusan D3 dan ingin melanjutkan ke jenjang Sarjana di Fakultas Teknik UI. Para calon mahasiswa dapat mendaftar melalui program Sarjana Parelel Jalur D3 dengan melakukan proses Kredit Transfer. Dengan besaran sks/kredit yang diakui akan ditetapkan oleh Departemen yang bersangkutan.

Program Paralel sendiri merupakan program penuh waktu, dimana para mahasiswa diharapkan dapat berada di kampus secara penuh. Hal ini dikarenakan jadwal perkuliahan yang penuh dimulai dari pagi hari hingga sore hari.

Ekonomi

P

Program Ekstensi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia atau disingkat PE-FEUI menyelenggarakan pendidikan lanjutan S1 di bidang Manajemen dan Akuntansi bagi lulusan Diploma-III, Diploma-IV, Sarjana (S1). PE-FEUI berdiri sejak 1956 dengan perintis Prof. Dr. Soemitro Djojohadikoesoemo. Pada awal berdirinya, PE-FEUI hanya menyelenggarakan satu jurusan saja, yaitu jurusan Manajemen di kampus Sumitro Djojohadikusumo, Universitas Indonesia, Salemba. Sejak tahun 1993, PE-FEUI mulai membuka perkuliahan di kampus Widjojo Nitisastro, Universitas Indonesia, Depok. Pada tahun itu pula dibuka pertama kalinya jurusan Akuntansi. PE-FEUI selalu melakukan perbaikan kurikulum dan silabus sesuai tuntutan pasar dan perkembangan ilmu dan teknologi dalam era globalisasi. Dukungan pengajar dari kalangan akademisi dan praktisi bisnis serta fasilitas belajar menghasilkan lulusan yang berkualitas. Sampai saat ini PE-FEUI telah meluluskan lebih dari 9.000-an alumni yang tersebar di berbagai bidang pekerjaan di seluruh Indonesia.

Program Ekstensi-FEUI membuka 2 (dua) Program Studi yaitu:

  1. Manajemen
  2. Akuntansi

Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

  1. Ilmu Administrasi Negara
  2. Ilmu Administrasi Niaga
  3. Ilmu Administrasi Fiskal

Ilmu Komputer

S1 Paralel untuk D3 (Ekstensi) SISTEM INFORMASI

Pemerintah Indonesia telah menempatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebagai elemen penting dalam pembangunan nasional. Peningkatan pemanfaatan TIK serta percepatan perkembangan industri TIK di dalam negeri diharapkan dapat lebih mendorong peningkatan kinerja sektor publik, sektor bisnis, serta mutu dan relevansi sumber daya manusia di Indonesia.

Situasi yang ada menunjukkan bahwa jumlah lulusan program Diploma di bidang TIK yang telah bekerja di berbagai sektor ternyata cukup besar, dan mereka membutuhkan kesempatan untuk meningkatkan kompetensi khususnya di bidang Sistem Informasi. Oleh karena itu, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) terdorong untuk ikut berperan dengan membuka Program Sarjana Ekstensi Sistem Informasi (mulai tahun akademik 2007/2008).

Persyaratan Umum

Persyaratan umum (eligibility) bagi calon mahasiswa program ini adalah minimal mereka telah menyelesaikan Program D3 bidang Sistem Informasi, Ilmu Komputer, Manajemen Informatika, Teknik Informatika, Teknik Elektro, Teknik Komputer, Komputer Akuntansi atau program lain yang relevan, dengan pengalaman kerja minimal 2 tahun.

Calon mahasiswa yang memenuhi persyaratan umum program studi ekstensi akan diseleksi melalui ujian tertulis yang terdiri dari:

  • Tes Potensi Akademik (TPA)
  • Bahasa Inggris

Waktu dan Tempat Perkuliahan

Perkuliahan program ini dilangsungkan di Kampus Fasilkom UI Depok, Senin sampai dengan Jumat, pada malam hari pukul 19.00 21.30 WIB.

Peraturan Transfer Kredit

Bagi yang telah diterima, kredit mata kuliah dari program D3 sebelumnya dapat ditransfer sebanyak MAKSIMUM 72 SKS melalui evaluasi dan pengesahan oleh Fakultas.

Lama Studi

Program S1 Ekstensi Sistem Informasi diharapkan dapat diselesaikan pada jangka waktu minimal 5 semester (2,5 tahun) dan maksimal 9 semester (4,5 tahun) dengan beban per semester berkisar antara 12-15 SKS.

Ilmu Kesehatan Masyarakat

Bagi calon peserta yang telah memiliki ijazah Diploma III baik di bidang kesehatan maupun non kesehatan dapat melanjutkan pendidikan tingkat sarjana di FKM UI. Jumlah kredit minimal yang harus diambil oleh mahasiswa Program Sarjana Ekstensi ditentukan oleh jumlah mata kuliah yang dapat disetarakan berdasarkan materi perkuliahan pada transkrip diploma masing-masing mahasiswa.

Adapun peminatan yang ditawarkan adalah sebagai berikut:

  1.  Biostatistik
  2. Informatika Kesehatan
  3. Manajemen Informasi Kesehatan
  4. Epidemiologi
  5. Manajemen Asuransi Kesehatan
  6. Manajemen Pelayanan Kesehatan
  7. Manajemen Rumah Sakit
  8. Kesehatan Lingkungan
  9. Kesehatan Reproduksi
  10. Keselamatan dan Kesehatan Kerja
  11. Mutu Layanan Kesehatan
  12. Promosi Kesehatan
  13. Bidan Komunitas (program khusus kerjasama dengan Depkes RI)

Ilmu Keperawatan

Program Ekstensi Program Ekstensi merupakan program yang diperuntukkan bagi lulusan D3 Keperawatan yang telah lulus Ujian Masuk Program Ekstensi. Mahasiswa diharuskan mengikuti pendidikan tahap akademik 62 SKS (4 semester) dan tahap profesi 36 SKS (2 semester) untuk memperoleh gelar Ners (di depan nama) dan SKep. (di belakang nama). Tempat dan Waktu Perkuliahan Bertempat di kampus FIK UI Depok hari  Senin – Sabtu antara pukul 14.00 – 21.00 WIB.