1. Portal Informasi SIMAK UI
  2. Pendaftaran SIMAK UI
  3. Forum SIMAK UI
Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Ilmu Keperawatan

Kepemimpinan dan Managemen Keperawatan

Tujuan/ target pendidikan:

  • Mengelola pelayanan keperawatan pada institusi pelayanan kesehatan maupun wilayah sebagai manajer pada posisi tertinggi dalam jabatan struktural keperawatan dengan menunjukkan perilaku kepemimpinan dan bertanggung jawab dalam melakukan fungsi-fungsi manajemen keperawatan.
  • Mengelola kegiatan penelitian dalam bidang Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan, dan menggunakan hasil penelitian serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan mutu dan memperluas jangkauan pelayanan/asuhan keperawatan.
  • Mengembangkan diri secara terus menerus untuk meningkatkan kemampuan ilmiah dan profesional dalam mengelola pelayanan keperawatan.

Berfungsi sebagai anggota masyarakat yang kreatif, produktif, terbuka untuk menerima perubahan, serta berorientasi ke masa depan.

Keperawatan Maternitas

Program ini merupakan kesatuan pendidikan dari Program Magister Ilmu Keperawatan Maternitas yang dilanjutkan dengan Program Pendidikan Ners Spesialis Keperawatan Maternitas.

Keperawatan Komunitas

Program ini dirancang untuk menghasilkan lulusan yang mampu berperan sebagai:

  • Praktisi spesialis keperawatan komunitas yang akontabel melaksanakan asuhan/praktik keperawatan komunitas di tatanan pelayanan keperawatan komunitas
  • Pendidik pada institusi pendidikan tinggi keperawatan yang memiliki kompetensi untuk menjalankan fungsi sebagai perencana dan pengemban pendidikan Keperawatan Komunitas Spesialistik
  • Manajer pada posisi tertinggi dalam jabatan struktural terutama di bidang pelayanan keperawatan komunitas di tingkat Dinas Kesehatan Kabupaten atau di wilayah kerja Keperawatan Komunitas di tingkat Kabupaten/ Kota

Keperawatan Jiwa

Peserta didik akan mendapatkan ilmu pengetahuan lanjut (advance) tentang keperawatan jiwa pada saat mengikuti program Magister Ilmu Keperawatan Kekhususan Keperawatan Jiwa, sehingga mempunyai kompetensi akademik dalam bidang keperawatan jiwa. Untuk menjadi praktisi spesialis keperawatan jiwa, selanjutnya peserta didik harus melengkapi pendidikannya ke jenjang profesi yaitu Ners Spesialis Keperawatan Jiwa.

Keperawatan Medikal Bedah

Program ini merupakan kesatuan pendidikan dari Program Magister Ilmu Keperawatan Kekhususan Keperawatan Medikal Bedah yang dilanjutkan dengan Program Pendidikan Ners Spesialis Keperawatan Medikal Bedah.

Keperawatan Anak

Program pendidikan ini dirancang dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan keperawatan anak sebagai kelompok yang rentan terhadap masalah kesehatan baik di rumah sakit maupun di masyarakat. Program ini merupakan kesatuan pendidikan dari Program Magister Ilmu Keperawatan Kekhususan Keperawatan Anak yang dilanjutkan dengan Program Pendidikan Ners Spesialis Keperawatan Anak.