1. Portal Informasi SIMAK UI
  2. Pendaftaran SIMAK UI
  3. Forum SIMAK UI
Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Apr 29, 2014 in Info

BOP Berkeadilan

BOP Berkeadilan

Biaya Operasional Pendidikan merupakan komponen biaya penyelenggaraan kegiatan pembelajaran yang dibayarkan setiap semester oleh mahasiswa. Bagi mahasiswa program pendidikan S1 Reguler dari berbagai jalur masuk (SIMAK, SNMPTN dan SBMPTN) memiliki kesempatan untuk memilih skema Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan atau disingkat dengan BOP B. Skema ini memungkinkan mahasiswa membayar biaya pendidikan sesuai dengan kemampuan bayar orang tua, wali atau penanggung biaya pendidikan mahasiswa.
Besaran BOP B yang dibayar per semester minimal Rp 100.000 dan maksimal Rp 5.000.000 untuk program studi kelompok IPS yakni FIB, FISIP, FPsi, FH, FE. Sedangkan untuk program studi kelompok IPA  yakni FK, FKG, FT, FASILKOM, FKM, FMIPA, FIK, F.Farmasi minimal Rp 100.000 dengan maksimal Rp 7.500.000.

Penetapan besaran BOP B dilakukan setelah peserta melengkapi persyaratan ketika dinyatakan diterima sebagai mahasiswa S1 Reguler. Adapun kelengkapan yang menjadi pertimbangan penetapan adalah dengan mengisi formulir isian pengajuan BOP B yang disertai berkas pendukung yang antara lain terdiri dari:

1. Surat keterangan dari lingkungan tempat tinggal
2. Bukti penghasilan perbulan/pertahun
3. Bukti pengeluaran perbulan/pertahun
4. dan sebagainya.

Formulir dan keterangan detail hanya muncul di akun pengumuman setelah seseorang dinyatakan diterima di S1 Reguler dan memilih skema BOP B  sebagai skema pembayaran biaya pendidikan.

Share