1. Portal Informasi SIMAK UI
  2. Pendaftaran SIMAK UI
  3. Forum SIMAK UI
Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Ilmu Komputer

Ilmu Komputer

P rogram Studi Ilmu Komputer/Informatika (PSIK) di bawah naungan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI)  memberikan pendidikan dan keahlian di bidang Ilmu Komputer pada tingkat sarjana (S1).

Dengan pengalamannya selama 20 tahun, PSIK Fasilkom UI telah diakui kemampuan dan kualitasnya dalam memberikan  pendidikan tingkat sarjana di bidang Ilmu Komputer/Informatika. Lulusan-lulusannya diterima di kalangan bisnis dan industri sebagai tenaga-tenaga di bidang Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi yang berkualitas tinggi. Hasil kajian pelacakan alumni menunjukkan bahwa 90% dari lulusan PSIK mendapatkan pekerjaan kurang dari 3 bulan setelah kelulusannya. Sebagian besar alumni berkerja di perusahaan multinasional, dan sebagian lagi membuka usaha sendiri dalam bidang Teknologi Informasi serta melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Program Studi Ilmu Komputer/ Informatika menawarkan keseimbangan antara fondasi keilmuan yang kokoh dan keterampilan professional dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.  Fondasi Ilmu Komputer yang diberikan meliputi meliputi algoritma dan pemrograman, matematika diskret, basis data, sistem operasi, jaringan komputer,  arsitektur komputer, teori komputasi, rekayasa perangkat lunak, perancangan dan pemrograman web, serta sistem cerdas.

Untuk pengembangan keterampilan profesional, PSIK menawarkan berbagai mata kuliah terapan yang dapat digolongkan ke dalam beberapa peminatan:

  • Bidang minat Komputasi Ilmiah, meliputil: pengolahan citra, machine learning, komputasi numerik linear dan nonlinear.
  • Bidang minat Teknologi Perangkat Lunak, meliputil: kriptografi dan keamanan informasi, sistem interaksi, metode formal dan teknik kompilator.
  • Bidang minat Arsitektur Komputer dan Embedded Systems, meliputil: mikroelektronika, rancangan sistem digital, embedded systems, dan real-time systems.

Di samping itu, didalam proses belajar-mengajarnya, dikembangkan pula berbagai kemampuan soft skills, yakni kemampuan-kemampuan dalam berkomunikasi, bekerja dalam tim (kelompok), menulis karya ilmiah, berpikir kreatif dan inovatif serta memiliki etika profesi. Kemampuan-kemampuan tersebut menyatu didalam kurikulum PSIK dan dibangun melalui tugas-tugas kelompok, presentasi, diskusi, kerja praktek ke dunia industri atau bisnis, dan lain-lain

Sistem Informasi

Dalam dekade terakhir ini, perkembangan Ilmu dan Teknologi Komputer dan Informasi berlangsung sangat pesat. Bidang Ilmu Sistem Informasi merupakan salah satu bidang ilmu yang memicu penggunaan berbagai teknologi informasi yang mentransformasi kehidupan manusia. Misalnya penggunaan teknologi multimedia dan Internet dalam berbagai kegiatan bisnis, manajemen, pemerintahan, pendidikan dan lain-lain.

Tuntutan perkembangan yang pesat dalam Teknologi Informasi dan penggunaannya dalam kegiatan organisasi dan manajemen mendorong Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) untuk membuka Program Studi Sistem Informasi (PSSI) yang lebih menekankan kepada pengembangan dan pemanfaatan teknologi informasi dalam suatu organisasi. Program studi ini resmi menerima mahasiswa baru mulai tahun akademik 2007/2008 dan memberikan kesempatan kepada para lulusan SMA/sederajat yang terbaik untuk mendapatkan pendidikan dan keahlian di bidang Sistem Informasi pada tingkat sarjana (S1).

Program Studi Sistem Informasi

Program Studi Sistem Informasi mengajarkan landasan ilmu pengetahuan dan penerapan Teknologi Informasi dalam suatu organisasi yang meliputi a.l. prinsip-prinsip sistem informasi, prinsip-prinsip manajemen, algoritma dan pemrograman, statistika, sistem operasi, jaringan komputer, basis data, pengembangan dan pemasaran produk, administrasi bisnis, rekayasa perangkat lunak, manajemen sistem informasi, perancangan dan pemrograman web, serta analisa dan perancangan sistem.

Di samping itu, PSSI menawarkan berbagai mata kuliah pilihan (hard skills) yang dapat digolongkan ke dalam beberapa peminatan:

  • Bidang minat Teknologi Informasi, meliputi a.l.: administrasi sistem, knowledge management, mobile technologies, sistem informasi geografis, manajemen TI, dan teknik multimedia.
  • Bidang minat Sistem Enterprise, meliputi a.l: knowledge management, e-commerce, enterprise resource planning, supply-chain management, customer relationship management, dan enterprise application integration.

Selain bidang-bidang minat tersebut di atas, ditawarkan juga berbagai kuliah yang bersifat umum, a.l.: komunikasi bisnis, komunikasi interpersonal, manajemen SDM, kewirausahaan (entrepreneurship), sistem penunjang keputusan, dan pemrosesan teks.

Di samping itu, didalam proses belajar-mengajarnya, dikembangkan pula berbagai kemampuan soft skills, yakni kemampuan-kemampuan dalam berkomunikasi, bekerja dalam tim (kelompok), menulis karya ilmiah, berpikir kreatif dan innovatif serta memiliki etika profesi. Kemampuan-kemampuan tersebut menyatu didalam kurikulum PSSI dan dibangun melalui tugas-tugas kelompok, presentasi, diskusi, kerja praktek ke dunia industri atau bisnis, dan lain-lain.