1. Portal Informasi SIMAK UI
  2. Pendaftaran SIMAK UI
  3. Forum SIMAK UI
Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Magister Kesehatan Masyarakat

Ilmu Kesehatan Masyarakat

Program ini dirancang dengan tujuan meningkatkan profesionalisme para peserta sehingga mempunyai kemampuan yang tinggi dalam bidang kesehatan masyarakat, baik sebagai manajer, administrator, pendidik maupun peneliti di lembaga pemerintahan maupun swasta.

Kajian Administrasi Rumah Sakit

Program Studi Kajian Administrasi Rumah Sakit mendasarkan kurikulumnya pada falsafah ilmu administrasi/manajemen dan kebijakan kesehatan dengan tujuan agar peserta program mempunyai wawasan, pengetahuan, ketrampilan, perilaku dan etika pengelolaan rumah sakit yang berfokus pada pendekatan sosio-ekonomik, manajemen strategis (top level management) dan perkembangan teknologi mutakhir perumahsakitan. Tingkat kompetensi keilmuan yang akan dimiliki, di samping untuk mengatasi problematika kegiatan di RS, juga dapat diterapkan pada bidang institusi berbasis kesehatan lain dan institusi yang tidak berbasis kesehatan/RS, sehingga seluruh bidang keilmuan strata 1 dapat ikut dalam program ini

Epidemiologi

Program ini bertujuan agar peserta didik mempunyai kemampuan untuk menerapkan prinsip dan metode epidemiologi, meningkatkan efisiensi dan efektivitas metode klinik kedokteran dan metode pelayanan kesehatan komunitas atau program-program kesehatan masyarakat lain.

Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Kebutuhan akan keselamatan dan kesehatan kerja di masyarakat semakin meningkat sebagai dampak dari globalisasi dan perdagangan bebas. Keberadaan Keselamatan dan kesehatan kerja (K3) akan menjamin perkembangan investasi industri di Indonesia. Kebutuhan K3 yang semakin meningkat tidak hanya pada masyarakat industri (sektor formal) tetapi juga penting bagi masyarakat khususnya pelaku sektor usaha skala kecil dan menengah (small medium enterprise). Dalam menghadapi tantangan dan kebutuhan tadi FKMUI membuka Program Magister K3 yang bertujuan untuk:

  • Menciptakan Sumber Daya Manusia yang mempunyai ketajaman analisis dan kemandirian berpikir dalam memahami K3 dari segi akademis maupun praktis dalam pengembangan dan pengelolaan K3 di perusahaan maupun dalam kehidupan bermasyarakat.
  • Menciptakan SDM yang mampu berpikir dalam kerangka sistem sehingga mampu mengintegrasikan sistem manajemen K3 dalam Sistem Manajemen perusahaan maupun dalam kehidupan masyarakat.

Menciptakan SDM yang mampu mengembangkan wacana K3 dalam setiap aspek kegiatan di perusahaan maupun dalam kehidupan masyarakat.

Program Internasional Dual Master Degree

Bekerja sama dengan Griffith University, Australia, FKM UI membuka kelas Internasional dua gelar dalam 4 (empat) semester Course Work dan Field Work. Dengan bahasa Inggris sebagai pengantar, Semester 1 dan 2, mahasiswa belajar di UI. Semester 3 dan 4 mahasiswa belajar di Griffith University, Australia. Lulusan Program ini bergelar MKM dari UI dan Master of Health Management dari GU setelah menulis tesis berbasis data field work yang dilakukan di Indonesia pada akhir semester 2. Untuk tahap awal tersedia dua kekhususan yaitu Manajemen Kesehatan Daerah (Regional Health Management) dan Environmental Health Epidemiology and Risk Management.

Gelar: MKM dan MHM – S2