1. Portal Informasi SIMAK UI
  2. Pendaftaran SIMAK UI
  3. Forum SIMAK UI
Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam

Ilmu Matematika

D epartemen Matematika UI memiliki visi untuk menjadikan Matematika sebagai perangkat penting yang mendukung disiplin ilmu lainnya dalam perkembangan teknologi. Program sarjana Departemen Matematika membekali mahasiswanya dengan mata kuliah yang mencakup bidang Matematika Murni, Statistika, Komputasi, Riset Operasional dan Aktuaria.

Untuk dapat lulus, mahasiswa harus menyelesaikan sejumlah mata kuliah dengan beban minimum 144 SKS untuk program 8 semester yang terdiri dari 108 SKS mata kuliah wajib dan 30 SKS mata kuliah pilihan bidang dan 6 SKS pilihan bebas. Mata kuliah pilihan bebas memungkinkan mahasiswa mengambil mata kuliah di luar Departemen Matematika.

Sebagian besar alumni Departemen Matematika bekerja di bidang asuransi dan teknologi informasi. Bidang lain yang menampung lulusan Departemen Matematika adalah bidang industri manufaktur, pendidikan, penelitian, perbankan, periklanan, penerbitan, dll.

Biologi

P rogram Studi S1 Biologi mempunyai 7 Laboratorium (Kelompok Bidang Ilmu) yaitu: yaitu Lab. Taksonomi (Tumbuhan, Hewan, dan Molekuler), Lab. Fisiologi (Tumbuhan, Hewan, dan Kultur Jaringan), Lab. Ekologi, Lab. Genetika, Lab. Mikrobiologi, Lab. Biologi Perkembangan dan reproduksi, dan Lab. Biologi Kelautan. Mahasiswa dapat memilih matakuliah pilihan yang ditawarkan oleh Lab tersebut sesuai dengan minat yang nantinya dapat diilanjutkan dengan pemilihan topik penelitian (tugas akhir).

Mahasiswa dapat lulus dari jenjang sarjana S1 Program Studi Biologi, bila telah mengambil minimum 144 SKS terdiri dari 117 SKS mata ajar wajib, 21 mata ajar pilihan dan 6 SKS Penelitian.

Ilmu Kimia

D epartemen Kimia FMIPA-UI, menyelenggarakan program Pendidikan Sarjana Kimia, untuk menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki keterampilan, kecakapan serta tanggung jawab sebagai tenaga profesional, ilmuwan, cendekiawan dalam bidang ilmu kimia. Dalam mencapai tujuan tersebut, Departemen Kimia telah mempersiapkan seperangkat sistem kurikulum, pengajar yang handal dan instrumen yang canggih, serta sarana penunjang lainnya, seperti fasilitas laboratorium dan fasilitas pendukung pembelajaran.

Untuk lulus dari jenjang sarjana S1 program studi kimia, mahasiswa wajib mengambil minimum 144 SKS yang terdistribusi dalam 8 (delapan) semester.

Ilmu Fisika

Program studi Fisika mempunyai enam bidang peminatan yaitu:

  • Fisika Nuklir dan Partikel
  • Fisika Material
  • Fisika Instrumentasi
  • Geofisika
  • Fisika Medis
  • Fisika Zat Mampat

Peminatan Fisika Nuklir dan Partikel bertujuan menghasilkan lulusan dengan kemampuan analisis sangat tinggi yang kompeten dalam teori partikel elementer dan nuklir serta mampu menganalisis dan memprediksi peristiwa alam. Bidang kompetensi lulusan ini adalah: Fisika Nuklir dan Aplikasi, Mekanika Kuantum, Analisis Numerik, serta Pemrograman Komputer.

Peminatan Material dan Zat Mampat bertujuan menghasilkan lulusan yang kompeten dalam identifikasi, modifikasi dan rekayasa material dengan pengalaman praktis yang handal dan pemahaman konsep dasar sains yang kuat. Bidang kompetensi untuk peminatan ini adalah Nanoteknologi Material, Fisika Kimia, Material Khusus, dan Rekayasa Meterial. Selain itu peminatan ini juga memberikan keahlian khusus sesuai dengan bidang minat yang dipilih yaitu : Material Logam, Material Magnetik, Material Komposit, Material Keramik, Material Polimer dan Material Elektronika.

Peminatan Fisika Instrumentasi bertujuan menghasilkan lulusan yang kompeten dalam menganalisis, menduplikasi, memodifikasi, mengembangkan, merancang, melakukan inovasi dan membuat prototype alat-alat instrumentasi elektronika saintifik dan industri. Bidang kompetensi lulusan ini adalah: Sensor dan Aplikasi, Pengukuran dan Interfacing, Mikroprosesor, Komputer (Perangkat Keras dan Pemrograman), Pengujian Tak Merusak (Non Destructive Testing), Metrologi, Pemrosesan Sinyal Analog dan Digital, Instrumentasi Pengukuran Besaran-besaran Fisika, serta keahlian khusus sesuai dengan bidang minat (Instrumentasi Teknologi Informasi dan Komunikasi, Instrumentasi Pengukuran, serta Instrumentasi Kendali/Kontrol).

Peminatan Geofisika bertujuan menghasilkan lulusan yang kompeten dalam eksplorasi geofisika (akuisisi data, processing, analisis dan interpetasi data) yang bertumpu pada penguatan aspek konsep dasar geosains, komputasi numerik dan aplikasi langsung di lapangan dalam eksplorasi migas, geothermal, batubara, mineral, lingkungan serta mitigasi bencana. Lulusan peminatan ini memiliki kompetensi di bidang : Geologi dan Geodesi, Komputasi Numerik (Matlab, Fortran, dsb), Metoda Geoelektrik dan Elektromagnetik, Metoda Gravitasi, Metoda Geomagnetik, Metoda Seismik, Instrumentasi Geofisika, Eksplorasi Minyak Bumi, Eksplorasi Geothermal, dan Geofisika Lingkungan

Peminatan Fisika Medis bertujuan menghasilkan lulusan yang profesional dan kompeten dalam optimasi aplikasi fisika di bidang kesehatan antara lain berkaitan dengan radiasi nuklir, sinar X, ultrasonik,resonansi magnetik dan laser terutama untuk pencitraan diagnostik dan terapi onkologi. Lulusan peminatan ini adalah ilmuwan sekaligus mitra kerja para dokter di rumah sakit, peneliti di berbagai institusi dan profesional di industri. Bidang kompetensi lulusan dari peminatan ini adalah : Radioterapi, Pencitraan Diagnostik Medis, Kedokteran Nuklir, Biologi Radiasi, Instrumentasi Medis, serta keahlian khusus sesuai dengan bidang minat (Biofisika dan Fisika Medis-Radioterapi, Radiodiagnostik dan Kedokteran Nuklir).

Ilmu Geografi

G eografi adalah ilmu yang mempelajari segala aktifitas manusia dan alam serta interaksi diantara keduanya melalui perspektif ruang hingga terbentuk pola ruang tertentu. Pemahaman holistik terhadap fenomena tersebut dapat menciptakan wawasan konseptual, pola pikir, dan kemampuan aplikatif yang khas ke-ruang-an untuk diterapkan dalam berbagai bidang pekerjaan: perencanaan dan pengembangan wilayah, pengelolaan lingkungan hidup, kehutanan, pertambangan, energi, industri, transportasi, perbankan, manajemen, pemasaran, pendidikan, dan sebagainya.

Tujuan pendidikan Geografi pada program sarjana adalah untuk memberikan bekal kepada para mahasiswa agar memahami penerapan perspektif regional dalam berbagai pengembangan wilayah, termasuk dalam hal penguasaan teknologi sistem informasi geografis (SIG) Bidang peminatan yang ditawarkan pada program sarjana adalah : geografi fisik, pengembangan wilayah, dan SIG dan Penginderaan Jauh (PJ).