1. Portal Informasi SIMAK UI
  2. Pendaftaran SIMAK UI
  3. Forum SIMAK UI
Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Profesi Arsitektur

Sasaran dari pembukaan Program Pendidikan Profesi Arsitek adalah untuk merealisasikan kebutuhan akan lulusan dengan sebutan “arsitek” sebagaimana disyaratkan oleh Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) dan Union Internationale des Architectes (UIA). Program Pendidikan Profesi Arsitek FTUI bertujuan mengembangkan program pendidikan yang responsive terhadap persoalan aktual dan krusial di dalam masyarakat, mengembangkan pendekatan multi disiplin dalma pendidikan, riset secara nasional dan internasional serta mengembangkan jejaring kerja dan pendidikan dengan badan-badan dan institusi terkait.

Program Pendidikan Profesi Arsitek merupakan program pendidikan untuk menghasilkan para pelaku bidang keprofesian arsitektur. Ciri khas dari program ini adalah pembelajaran yang dilakukan melalui praktek perancangan yang merupakan simulasi kondisi nyata di dalam praktek profesi arsitektur. Dengan demikian, muatan pembelajarannya juga ditekankan pada penguasaan kompetensi untuk berpraktek sebagai arsitek.

Setelah berhasil lulus dari program pendidikan profesi ini, peserta akan mendapat ijazah dengan gelar Arsitek. Selanjutnya disarankan agar lulusan mengambil kesempatan magang selama ± 2 tahun di Biro Arsitek yang telah direkomendasikan oleh IAI. Setelah melakukan magang inilah peserta berhak melakukan secara resmi registrasi sebagai Arsitek Profesional melalui Dewan Arsitek (Board of Architect) IAI.