1. Portal Informasi SIMAK UI
  2. Pendaftaran SIMAK UI
  3. Forum SIMAK UI
Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Sarjana Kelas Paralel Ilmu Sosial & Ilmu Politik

Ilmu komunikasi

Departemen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) saat ini menyelenggarakan pendidikan ilmu komunikasi untuk semua jenjang pendidikan yang lazim diselenggarakan perguruan tinggi. Program S1 Kelas Paralel mencakup peminatan:

  • Jurnalisme
  • Komunikasi Media
  • Hubungan Masyarakat
  • Periklanan
  • Industri Kreatif Penyiaran

Sumber: http://commdept.fisip.ui.ac.id/


Ilmu administrasi negara/niaga/fiskal

Ilmu Administrasi pada saat ini telah berkembang menjadi ilmu pengetahuan kebijakan berikut aspek terapan yang multidisiplin. Hal ini diindikasikan oleh berkembangnya paradigma baru yang memperkenalkan konsep-konsep seputar peran sektor publik dan privat dalam keseluruhan aktivitas ekonomi dan sosial dalam sebuah negara. Konsep-konsep baru seperti reinventing government, organizational reform, empowerment, reengineering, dan manajemen pelayanan prima, telah menjadikan studi administrasi sebagai disiplin ilmu yang menantang dan membutuhkan pengembangan yang lebih baik dan serius.


Ilmu Politik

Program Sarjana Reguler Departemen llmu Politik mengembangkan dua program studi yakni

  • Politik Indonesia, dan
  • Perbandingan Politik.

Program studi Politik Indonesia memfokuskan pada masalah-masalah politik di Indonesia, dimana para mahasiswa diberi kesempatan mempelajari isu-isu politik baik pada tingkat nasional maupun pada tingkat lokal. Sejumlah mata kuliah seperti; (a) Lembaga Eksekutif dan Birokrasi di Indonesia, Politik Lokal dan Otonomi Daerah, (b) Pemilu dan Perwakilan Politik di Indonesia, (c) Pemerintahan dan Politik Desa, serta (d) Politik Lokal dan Otonomi Daerah,

merupakan mata kuliah yang ditawarkan agar mahasiswa mendapat gambaran dan pemahaman secara menyeluruh mengenai fenomena politik di Indonesia. Sementara program studi Perbandingan Politik bertujuan mempelajari berbagai sistem politik di dunia. Dengan mempelajari perbandingan sistem politik di berbagai negara, diharapkan bisa memberi pengetahuan bagi mahasiswa terhadap berbagai masalah yang dihadapi dalam kehidupan politik dalam satu atau beberapa negara. Pemahaman dan pengetahuan terhadap politik di berbagai negara dan kawasan juga digunakan dalam melengkapi atau mengembangkan teori-teori yang dikenal dalam ilmu politik.


Kriminologi

Studi Kriminologi pada Universitas Indonesia dimulai jauh sebelum didirikannya Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Awal perkembangan studi Kriminologi ditandai dengan didirikannya Lembaga Kriminologi pada Fakultas Hukum dan Ilmu Pengetahuan Kemasyarakatan UI pada 15 September 1948. Sebagai perbandingan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik resmi berdiri pada tanggal 1 Februari 1968, dengan nama Fakultas Ilmu Pengetahuan Kemasyarakatan.