1. Portal Informasi SIMAK UI
  2. Pendaftaran SIMAK UI
  3. Forum SIMAK UI
Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Apr 5, 2013 in Uncategorized

Pascasarjana

Kajian Ketahanan Nasional

Merupakan satu-satunya program studi yang memberikan pemahaman dengan baik konsep dan teori yang menjadi sentral analisis strategis dari perencanaan pembangunan suatu bangsa termasuk perencanaan pertahanan negara (strategic defence management). Menghayati lingkungan strategis yang ada, dalam mempengaruhi eksistensi suatu negara, wilayah, atau daerah. Mempunyai pengertian kunci bagaimana kesejahteraan dan keamanan dicapai secara terencana dan dapat dilaksanakan secara nyata. Memahami dengan baik konsep kewarganegaraan dan konsep bela negara yang terkait dengan aspek-aspek: demokrasi, hak asasi manusia, perdagangan bebas, lingkungan hidup baik bersifat nasional maupun universal. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sebagai perencana strategic.

Program Studi Pengkajian Ketahanan Nasional memiliki beberapa Program Kekhususan sebagai implementasi kerjasama dengan berbagai lembaga, yaitu:

  • Ps. Kajian Stratejik Ketahanan Nasional (Reguler).
  • Ps. Kajian Stratejik Intelijen.
  • Ps. Kajian Stratejik Renstra.
  • Ps. Kajian Stratejik Lembaga Pemasyarakatan.
  • Ps. Kajian Stratejik Penanganan Narkoba.
  • Ps. Kajian Stratejik Imigrasi.
  • Ps. Kajian Stratejik Pengembangan Kepemimpinan.
  • Ps. Kajian Stratejik Penegakan HAM

Kajian Stratejik Intelijen

Program Studi Pengkajian Ketahanan Nasional Kekhususan Kajian Stratejik Intelijen dirancang untuk berpikir intelijen stratejik yang dicirikan sebagai tajam, analitis, dan komperehensif. Dipadu dengan pandangan yang visioner, prediktif dan antisipatif, sehingga mampu menghadirkan analisis early warning untuk setiap ancaman yang menghadang institusi negara, bisnis maupun institusi swasta lainnya, atau bahkan memberikan alternatif jalan keluar dalam mengatasi permasalahan. Ancaman global yang bergulir belakangan ini semakin variatif, canggih dan melintas batas, baik di tingkat negara maupun institusi di luar negara.

Ancaman yang dimaksud tidak lagi terbatas pada ancaman fisik militer, tetapi juga terorisme, konflik-konflik internal, penyelundupan, narkoba, human trafficking, illegal logging, money laundring, kriminalitas virtual, dan sebagainya.

Meningkatnya ancaman yang beresiko pada ketidak-amanan tadi, menyebabkan negara maupun institusi luar negara (mis.korporasi bisnis) membutuhkan data intelijen yang akurat agar dapat memberikan peringatan atau penginderaan dini (early warning) kepada para pembuat keputusan dalam menghadapi ancaman-ancaman tadi. Untuk itu dibutuhkan staf-staf yang memiliki keahlian kelas satu dalam hal research dan assessment, yang diikuti oleh kemampuan  analisis yang tinggi.

Program Kajian Stratejik Intelijen bertujuan untuk :

  • Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan intelijen untuk menganalisis berbagai masalah yang berhubungan dengan keamanan stratejik di tingkat  negara ataupun luar negara (misalnya menjaga atau melindungi asset  perusahaan dari ancaman kompetitor).
  • Lulusannya diharapkan mampu menguasai anatomi dan isu-isu intelijen mutakhir, dimana analisis intelijennya akan menjadi pendukung yang kuat bagi pembuat kebijakan dalam mengambil tindakan yang tepat untuk menangkal berbagai ancaman.

Kajian Wilayah Amerika

Program Kajian Wilayah Amerika adalah program pendidikan dan kajian akademik tentang masyarakat dan kebudayaan Amerika dengan pendekatan antar bidang.  Pendekatan antarbidang yang dimaksud di sini adalah yang berkembang dalam tradisi Kajian Wilayah Amerika sebagai satu tradisi keilmuan akademik antardisiplin.

Sebagai program akademik, Program Kajian Wilayah Amerika menawarkan pendidikan tingkat strata dua (S-2) dengan tiga bidang peminatan:

  • Politik, Ekonomi, dan Hukum Amerika;
  • Media dan Komunikasi Amerika;
  • Sastra, Budaya dan Filsafat Amerika.

Kompetensi yang ditawarkan program pendidikan Program Kajian Wilayah Amerika adalah pengetahuan pokok tentang dan kemampuan menganalisis masyarakat dan kebudayaan Amerika sesuai dengan kerangka metodologi dan teori Kajian Wilayah Amerika sebagai tradisi keilmuan akademik antardisplin.

Lulusan program Kajian Wilayah Amerika akan mampu mengenali dan mendeskripsi simbol-simbol dan bentuk-bentuk lain kebudayaan Amerika.  Lulusan juga akan mampu mendeskripsi isu-isu dan  masalah-masalah yang menjadi perhatian bangsa Amerika dalam bidang-bidang budaya, politik, dan sosial, dan cara-cara dan bentuk-bentuk respon yang muncul sepanjang sejarah Amerika. Lulusan juga akan mampu menganalisis secara kritis hal-hal tersebut sesuai dengan tingkat pendidikan strata dua.

Secara khusus, pendidikan kajian tentang kawasan Amerika dengan menerapkan teori, metode dan pendekatan yang tepat sesuai perkembangan ilmu yang bersifat interdisiplin.  Sejalan dengan itu meningkatkan sumber daya manusia yang mampu mengembangkan Kajian Wilayah Amerika baik di tingkat nasional maupun internasional.

Kajian Kependudukan

Program studi Kajian Kependudukan dan Ketenagakerjaan adalah salah satu program studi dibawah Fakultas Pascasarjana Universitas Indonesia jenjang pendidikan Magister. Progarm ini berorientasi akademik menekankan pengajaran tentang teori demografi, teori penduduk (orientasi akademik) dan aplikasinya (orientasi profesi) untuk menjawab permasalahan kependudukan dan ketenagakerjaan yang dikemas sedemikain rupa untuk pengembangan akademik maupun aplikasinya memenuhi kebutuhan pengembangan perencanaan, kebijakan dan program-program peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Analisis kependudukan, ketenagakerjaan yang berkaitan dengan aspek sosial-ekonomi yang berlandasan pada teori demografi dan teori penduduk inilah yang membedakan analisis yang dilakukan oleh para pakar lain yang berlatar belakang teori sosiologi, antropologi, psikologi, gender dll. Teori demografi merupakan alat analisa yang menekankan pendekatan kohor (cohort) dan daur hidup (life cycle) yang amat berguna untuk analisa kependudukan dan ketenagakerjaan masa kini dan masa yang akan datang dengan alat proyeksi penduduk dan proyeksi ketenagakerjaan. Meskipun begitu untuk mengembangkan kerangka pikir dan latar belakang permasalahan penduduk dan ketenagakerjaan yang berkembang di tingkat nasional maupan internasional program ’Kajian’ ini masih memerlukan pemahaman dari displin lain seperti disiplin ilmu ekonomi, sosiologi, antropologi, psikologi, kesehatan, pendidikan, statistik dan matematika.

Program studi Kajian Kependudukan dan Ketenagakerjaan menawarkan 2 kuliah konsentasi pendukung yang dapat dipilih sesuai minat dan bidang yang diinginkan oleh mahasiswa, yaitu:

  • Demografi Formal. Konsentrasi ini menghasilkan kompetensi berupa kemampuan analisis dan pengembangan teori dan teknik demografi lanjutan sebagai alat analisis berbagai masalah kependudukan dan ketenagakerjaan.
  • Ekonomi Kependudukan dan Ketenagakerjaan. Konsentrasi ini menekankan pada kemampuan analisis dan pengembangan teori kepedudukan dan studi ketenagakerjaan sebagai alat analisis berbagai masalah seperti penawaran, permintaan dan pasar tenaga kerja.

Kajian Ilmu Lingkungan

Program Studi Ilmu Lingkungan (PSIL) adalah Program Studi yang pertama di Indonesia yang tidak memiliki jenjang S-1, namun memiliki S-2 dan S3.

Pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup yang terjadi dewasa ini lebih bersifat antropogenik; proporsi terbesar dari degradasi kualitas lingkungan hidup di muka bumi ini diakibatkan oleh aktivitas manusia, baik sengaja atau tidak. Respons yang kemudian muncul ialah beragam resolusi dan upaya preventif yang cenderung bersifat antroposentris seperti banyak diusulkan oleh banyak pakar. Ini yang kemudian mencuat asumsi hipotetik bahwa pengelolaan lingkungan hidup itu hakekatnya sama dengan pengelolaan aktivitas manusia (environmental management is basically identifical to human activities management).

Konsep pembangunan berkelanjutan mengacu kepada kesepakatan bahwa upaya-upaya pembangunan untuk memenuhi kebutuhan dan kelangsungan hidup masa kini dilaksanakan tanpa harus mengorbankan hak pemenuhan kebutuhan generasi yang akan datang. Pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan berarti upaya untuk meningkatkan mutu kehidupan manusia dengan tetap mewaspadai agar tidak mengganggu dan melampaui kemampuan ekosistem yang menunjang kehidupan.

Pembangunan manusia serta upaya-upaya perlindungan dan pelestarian lingkungan harus diintegrasikan satu sama lain apabila pembangunan komunitas manusia yang berkelanjutan merupakan target yang harus diraih.

Proses pembangunan merupakan interaksi dari berbagai variabel faktor produksi utama, yaitu (1) sumberdaya manusia, (2) sumberdaya alam, (3) modal, (4) teknologi, dan (5) kelembagaan serta keterampilan manajerial. Dalam pengertian sustainable development, yang harus di pertahankan keberlanjutan dan eksistensinya tidak hanya menyangkut kelima variabel tersebut, melainkan juga proses-proses interaksi antara kelimanya.

Prinsip pertama Deklarasi Rio tentang lingkungan dan pembangunan (1992) menyatakan bahwa: Manusia adalah sasaran utam pembangunan yang berkesinambungan. Manusia berhak memperoleh kehidupan yang layak dan produktif yang serasi dengan alam.

Berdasarkan latar belakang di atas, maka Program Studi Ilmu Lingkungan memiliki 3 (tiga) peminatan yaitu:

  • Manajemen Lingkungan Industri (MLI)
  • Perencanaan Pembangunan Berkelanjutan (PPB)
  • Proteksi Lingkungan. (PL)

Program Studi ini mempunyai kompetensi utama dan kompetensi pendukung, dimana kompetensi utama tersebut meliputi pemahaman tentang lintas disiplin ilmu, sedangkan kompetensi pendukung untuk mendukung beberapa pemintan yang ada dalam program studi ilmu lingkungan.

Lulusan Program Studi Ilmu Lingkungan diharapkan mempunyai pemahaman dan mampu berperan dalam pengembangan bidang ilmu lingkungan; mampu untuk meningkatkan peranan dan pelayanan profesi dengan penalaran dan pengkajian ilmu lingkungan; mampu untuk merumuskan pendekatan serta strategi dalam hal mengelola berbagai masalah lingkungan hidup atas dasar penalaran ilmiah; mampu mengembangkan kinerja profesionalnya dalam spektrum yang lebih luas atas dasar bidang keahliannya.

Kajian Wilayah Jepang

Program Studi S2 Kajian Wilayah Jepang dirancang untuk menghasilkan lulusan dalam Kajian Wilayah Jepang yang berorientasi kepada riset, dan mampu untuk mandiri. Program studi yang bercorak interdisipliner (antar bidang) ini  menyediakan kesempatan bagi para peminat untuk dididik menjadi tenaga ahli tingkat magister dalam studi wilayah Jepang di mana mereka menjadi ahli dalam bidang seperti: masyarakat dan kebudayaan,  budaya korporasi,  diplomasi dan kebudayaan, agama dan kebudayaan,  bahasa dan kebudayaan,  sastra dan kebudayaan,  seni dan kebudayaan.

Peminatan yang ada adalah:

  • Masyarakat Jepang
  • Korporasi Jepang
  • Diplomasi & Politik Jepang
  • Bahasa & Budaya Jepang

Kajian Gender

Program Studi Kajian Wanita (PSKW) didirikan untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan perubahan hubungan antara perempuan dan laki-laki, yaitu kesetaraan dan keadilan gender di dalam berbagai segi kehidupan, termasuk pembangunan bangsa.

Secara akademik, sebagai bidang studi interdisiplin, Program Studi Kajian Wanita menelaah setiap masalah dari berbagai sudut pandang sehingga telaah bersifat holistik. Sejak awal didirikan dan dalam pengembangannya sampai kini, kontribusi para pengajar yang berasal dari berbagai fakultas di lingkungan UI, fakultas di universitas lain, lembaga pemerintahan, dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) amat besar. Karena latar belakang mereka berbeda-beda, secara langsung maupun tidak terus-menerus menjadi pertukaran gagasan dan pengalaman yang bersifat multi dan interdisiplin.

Sebagai sebuah Program Studi pertama dan tertua di Indonesia yang menghasilkan magister di bidang kajian perempuan dan gender, lembaga ini telah menjadi rujukan terdepan di tingkat nasional untuk pengembangan konseptual kajian perempuan dan gender, dalam rangka memperjuangkan terciptanya masyarakat adil gender. PSKW mengembangkan kurikulum dan kajian interdisipliner dengan bobot seimbang antara teori dan praktek, dengan menggunakan pendekatan feminis yang inklusif. PSKW juga mengembangkan sikap dan pandangan kritis dalam menanggapi ilmu pengetahuan yang bersifat androsentris dan/atau didasarkan pada asumsi-asumsi bias gender, dan memfasilitasi kemampuan konseptual dan praktis dalam menganalisis persoalan perempuan dan relasi gender di Indonesia, sekaligus menemukenali strategi dan solusi pemecahannya.

PSKW menekankan pentingnya penelitian dan kajian komprehensif sekaligus mendalam mengenai isu-isu perempuan dan relasi gender di Indonesia yang kontekstual dan sesuai dengan kebutuhan penguatan masyarakat, dengan menggunakan pendekatan dan metodologi yang kredibel dan mengikuti perkembangan terkini.  Di luar aktivitas akademi, PSKW juga mengembangkan kemitraan dan saling penguatan antarperguruan tinggi dan masyarakat dalam berbagai bentuknya, seperti dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat, serta advokasi kebijakan yang adil gender.

Kajian Ilmu Kepolisian

Program Magister bertujuan menghasilkan lulusan yang berjiwa Pancasila, bersifat terbuka, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu dan teknologi, ataupun masalah yang dihadapi masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan keahliannya. Mempunyai kemampuan untuk meningkatkan pelayanan profesi dengan jalan penelitian dan pengembangan. Mempunyai kemampuan untuk berpartisipasi dalam bidang pengembangan bidang keilmuannya. Mempunyai kemampuan untuk mengembangkan penampilan profesionalnya dalam spektrum yang lebih jelas, dengan mengaitkan bidang ilmu atau profesi yang serupa. Mempunyai kemampuan untuk merumuskan pendekatan penyelesaian berbagai masalah masyarakat dengan cara penalaran ilmiah.

Program Studi Kajian Ilmu Kepolisian bertujuan

  • Mendidik dan menghasilkan Magister Ilmu Kepolisian (Msi) yang mampu melakukan pendekatan interdisiplin terhadap berbagai aspek kepolisian.
  • Mendidik dan menghasilkan Magister Ilmu Kepolisian (MSi) yang mampu secara interdisiplin membuat perencanaan, pelaksanaan dan pemecahan berbagai masalah kepolisian.
  • Mendidik dan menghasilkan Magister Ilmu Kepolisian (Msi) yang akan menjadi pengajar ahli ilmu kepolisian dan sekaligus peneliti dalam mengembangkan ilmu kepolisian.

Kajian Timur Tengah dan Islam

Program Studi Timur Tengah dan Islam Universitas Indonesia (PSTTI UI) adalah program studi kawasan atau kewilayahan (area studies) yang obyek kajiannya berfokus pada kawasan Timur Tengah. Selain itu PSTTI UI juga mempunyai program studi yang mencakup kajian Islam, kajian ekonomi dan keuangan syariah, dan kajian Islam dan psikologi. Integritas diri PSTTI UI adalah menjadi institusi pendidikan yang mengembangkan ilmu (science) dan kajian ilmiah (scientific studies) berbasis lintas disiplin (interdisciplinary based) terhadap kawasan Timur Tengah dan kajian tentang Islam. Oleh karena itu PSTTI UI mempunyai komitmen untuk terus mengembangkan kajian keilmuan, menjunjung tinggi etika akademis, inklusif dan terbuka, sesuai tuntutan kebutuhan masyarakat.

PSTTI UI adalah lembaga penyelenggara pendidikan yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan masyarakat (pasar). PSTTI UI melayani apa yang menjadi kebutuhan masyarakat (pasar) tanpa membedakan agama, suku, ras dan golongan. Dalam pengelolaannya, program studi mengedepankan azas keterbukaan, kerjasama dengan berbagai pihak untuk mencapai tujuan akademik yang telah diformulasikan dalam rencana kerja dan  pengembangan program studi.

Berdirinya PSTTI UI merupakan wujud kepedulian terhadap kebutuhan masyarakat akan kajian kewilayahan yang berfokus pada kawasan Timur Tengah. Sedangkan maksud dibukanya kajian Islam, secara khusus adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap kajian kontemporer Islam yang nyata dalam kebidupan masyarakat. Kebutuhan masyarakat ini muncul dari basis sosial dan budaya serta hubungan masyarakat Indonesia dengan kawasan Timur Tengah. Basis kebutuhan masyarakat inilah yang diharapkan dapat menopang PSTTI UI untuk bisa lebih berkembang dan berkelanjutan di masa mendatang. Universitas Indonesia memiliki basis keilmuan yang kuat dan bisa menopang pengembangan kajian tersebut seperti disiplin ilmu ekonomi, hukum, politik, psikologi, sejarah, sastra Arab dan filsafat.

PSTTI UI merupakan program studi Timur Tengah pertama di Indonesia dalam PTN umum di bawah Departmen Pendidikan Nasional, dan secara struktural kelembagaan berada di bawah Program Pascasarjana Universitas Indonesia (PPs UI).  Ijin operasional PSTTI UI berdasarkan surat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Nomor: 2801/D/T/2001 tanggal 30 Agustus 2001. PSTTI UI diresmikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Dr. H. Hamzah Haz pada 31 Juli 2002 di Balai Sidang Universitas Indonesia.

PSTTI UI menyelenggarakan pendidikan tingkat magister (S2) dengan lima bidang kekhususan yang ditawarkan, yaitu:

  • Politik dan Hubungan Internasional di Timur Tengah.
  • Ekonomi dan Keuangan Islami.
  • Kajian Islam.
  • Kajian Islam dan Psikologi.
  • Masyarakat dan Kebudayaan di Timur Tengah.

Kajian Pengembangan Perkotaan

Program Studi Kajian Pengembangan Perkotaan Universitas Indonesia (PS-KPP) merupakan sebuah program studi yang memiliki integritas sebagai lembaga pendidikan yang memfokuskan diri pada pengembangan ilmu (science) dan kajian ilmiah (scientific studies) berbasis interdisiplin (interdiciplinary based) dengan lokasi (locus) di wilayah perkotaan dan sekitarnya. Program Studi ini bertujuan untuk “Menghasilkan sumber daya manusia yang mempunyai pengetahuan dan mampu mengatasi permasalahan perkotaan dengan pendekatan interdisiplin ilmu”.

Kegiatan perkuliahan dirancang dapat diselesaikan dalam 4 (empat) semester dengan beban 42 sks, yang terdiri dari 27 sks mata kuliah wajib dan 15 sks mata kuliah pilihan. Mata kuliah pilihan ditawarkan kepada mahasiswa sesuai dengan peminatan yang diambilnya.

Program Studi ini memiliki 3 (tiga) peminatan yaitu:

  • Kajian Perkotaan (Urban Studies) Kompetensi lulusannya: mampu mengembangkan teori-teori perkotaan secara sektoral maupun komperhensif sesuai dengan ruang lingkup kajiannya
  • Manajemen Aset Perkotaan (Urban Assets Management) Kompetensi lulusannya: mampu untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dalam pengembangan dan pengelolaan aset kota dengan penalaran ilmiah serta mampu mengembangkan profesionalisme sebagai manajer aset dan assesor aset internal

Manajemen Pembangunan Perkotaan (Urban Development Management); Kompetensi lulusannya: Mampu mengorganisasi sumberdaya yang dimilikinya sehingga mencapai hasil yang optimum sesuai dengan kaidah-kaidah perkotaan yang universal. Selain itu lulusan peminatan ini juga mampu mengorganisasi semua pemangku kepentingan secara sinergi dalam pembangunan perkotaan

Kajian Wilayah Eropa

Pascasarjana Kajian Wilayah Eropa didirikan dengan semangat pemberdayaan masyarakat Indonesia, khususnya dari kalangan akademisi, agar dapat beradaptasi dengan perubahan situasi geopolitik dan geobudaya di dunia.

Banyaknya perubahan dan  Cepatnya perkembangan sosial, politik dan ekonomi, ditunjang dengan pesatnya kemajuan komunikasi media massa, meyebabkan apa yang sebenarnya terjadi di Eropa sering kali tidak dipahami di Indonesia.Didirikan dengan visi ‘Mewujudkan Program Studi Kajian Wilayah Eropa yang terbaik di Indonesia dan dapat bersaing dengan program serupa di luar negeri’. PS KWE menawarkan suatu bidang ilmu kajian wilayah lintas disiplin ilmu antara lain ilmu ekonomi, politik, hukum , budaya, dan hubungan internasional.

Dengan misi  memciptakan ahli-ahli kawasan Eropa, PSKWE aktif dalam memberikan pemikiran-pemikiran berupa hasil analisis terhadap seluruh kehidupan manusia dalam segala aspeknya, dengan menjunjung tinggi martabat manusia dan menghargai perbedaan-perbedaan yang ada dalam berbagai bangsa dan Negara, agar dapat saling menghargai di dunia internasional.

Dengan profesionalisme di bidang masing-masing, para pakar / peneliti akan dapat memberikan sumbangan hasil pemikiran mereka, baik kepada pemerintah maupun pihak swasta.

Teknologi Biomedis

Dengan melihat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran yang sangat pesat dewasa ini, maka diperlukan keahlian khusus yang dapat memahami dan menguasai berbagai aspek modifikasi peralatan instrumentasi dan pencitraan, pengembangan rekayasa jaringan untuk keperluan rehabilitasi medik dan pengembangan sistem informasi medis. Perpaduan keahlian khusus antara bidang kedokteran dan bidang teknologi tersebut dikenal sebagai Teknologi Biomedis (Biomedical Engineering).

Visi Menjadi pusat unggulan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat di bidang Teknologi Biomedis yaitu bidang ilmu dan teknologi yang memadukan unsur-unsur teknologi dan kesehatan baik ditingkat nasional maupun internasional.

Misi

  1. Melaksanakan dan mengembangkan system pendidikan dalam bidang Teknologi Biomedis baik dalam tingkat magister maupun tingkat doktor;
  2. Melaksanakan dan mengembangkan kegiatan penelitian dibidang Teknologi Biomedis baik dalam skala nasional, regional maupun internasional;
  3. Meningkatkan kemampuan profesional dalam pengabdian kepada masyarakat di dalam bidang Teknologi Biomedis, khususnya di bidang teknologi peralatan kesehatan.

Tujuan 

Menghasilkan magister yang mempunyai kemampuan untuk:

  1. Mampu mengembangkan sistem dan inplementasi pendidikan yang lebih tinggi di bidang Teknologi Biomedis;
  2. Mengembangkan penelitian yang lebih konprehensif sehingga dapat mewujudkan karya ilmiah dan teknologi maju;
  3. Meemegang peran yang menentukan dalam penerapan dan pengembangan Teknologi Biomedis khususnya dalam masyarakat pengguna maupun masyarakat luas pada umumnya.

Peminatan

  1. Instrumentasi dan Pencitraan
  2. Informatika Medis
  3. Teknologi Klinis